Tanda Smartphone Terkena Virus Atau Malware

Virus atau malware merupakan ancaman suatu sistem operasi (OS) tak terkecuali ponsel android anda. Pada era sekarang ini android merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak dipakai di seluruh dunia, tak mengherankan apabila android juga bisa terserang virus atau malware.



Penyebaran virus tersebut sangatlah mudah, bisa saja terjadi atas kesalahan kita sendiri seperti mengunduh aplikasi melalui sumber sembarangan, aplikasi bajakan, android tidak pernah mendapat pembaharuan dan masih banyak lagi. Adapun ciri-ciri android anda terkena virus yaitu sebagai berikut:

  • Smartphone sering mati sendiri/restart sendiri
Ketika  semartphone mati sendiri pada waktu dikunakan entah itu untuk menelfon atau yang lainnya padahal baterai masih cukup untuk menunjang daya smarthpone maka kemungkinan smartphone anda terkena virus atau malware.

  • Smarthpone terasa lambat
Padahal sebelumnya smartphone berjalan lancar namun tiba-tiba berubah menjadi lambat bahkan sampai tidak bisa dioperasikan atau ngehange maka bisa dipastikan smartphone terkena virus atau malware.

  • Daya baterai mudah habis
Bila baterai mudah habis padahal baru dicharge dan sedang tidak digunakan maka kemungkinan smartphone anda terkena virus.

  • Pulsa sering terpotong tanpa sepengetahuan
Virus jenis ini adalah bertujuan untuk mencuri pulsa, bila anda pernah mengalaminya maka segeralah mereset ulang smartphone agar pulsa tidak terpotong lagi.

  • Kuota cepat habis
Bila kuota internet cepat terkuras padahal tidak sedang mengunduh atau mengupdate aplikasi maka harus diwaspadai kemungkinan smartphone anda terkena virus, lebih baik menginstall alikasi penghitung pemakaian kuota supaya bisa mengontrol pemakaian kuota internet anda.
Itulah beberapa ciri bahwa android terkena virus, agar terhindar dari virus lebih baik mengunduh aplikasi di play store atau toko aplikasi terpercaya lainya dan juga jangan menghubungkan smartphone anda pada wifi yang belum terpercaya keamanannya.

Semoga bermanfaat gan... :)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Tanda Smartphone Terkena Virus Atau Malware"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel