Struktur Program C


Struktur Program C++



Kode sumber program AC dapat ditulis dalam editor teks; Namun file tersebut harus disimpan dengan ekstensi .c. Demo kode sumber yang lengkap

/* Demo Program written by Demit on sntekno17.blogspot.com*/
#include<stdio.h>
int main()
{
int num;
printf
("Enter your age: ");
scanf
("%d", &num);
if (num <18)
{
printf
("you are not eligible for voting");
}
else
{
printf
("You can vote!!");
}
return 0;
}
Output

Enter your age:25
You can vote!!

Mari kita mengerti kode di atas:




Komentar: Komentar dimulai dengan '/ *' dan diakhiri dengan '* /'. Komentar tidak wajib tapi masih merupakan praktik yang baik jika Anda menggunakannya, ini akan meningkatkan pembacaan kode. Sebuah program dapat memiliki sejumlah komentar.




Sertakan bagian: Saat menulis program kita menggunakan beberapa kata kunci & pernyataan seperti puts , scanf dll. File yang memiliki definisi itu perlu disertakan dalam program. Pada kode di atas kita telah menggunakan stdio.h . Ada beberapa perpustakaan dan "stdio.h" adalah salah satunya, yang digunakan untuk membaca data dari terminal dan untuk menampilkan data pada terminal.




Pernyataan tampilan: fungsi printf telah digunakan di beberapa tempat dalam kode di atas. Apa pun yang Anda berikan di dalam tanda kutip ganda, itu dicetak seperti di konsol.




Ambil masukan dari pengguna: fungsi scanf masukan dari pengguna. Saat menjalankan program ini, pengguna menunggu masukan pengguna (usia) dan pengguna memasuki usia, proses pembuatan laporan berdasarkan masukan usia oleh pengguna.




Fungsi utama (): Ini adalah titik awal dari semua program C. Eksekusi kode sumber C dimulai dengan fungsi ini.




Lebih lanjut tentang fungsi main () dalam program C




Fungsi utama () harus ada di semua program C karena program Anda tidak akan dimulai tanpa fungsi ini.




Kembali jenis main () fungsi: Jenis kembali untuk main () fungsi harus selalu int.




Mengapa memiliki tipe pengembalian dan apa kebutuhannya? Kompilator harus tahu apakah program Anda berhasil dikompilasi atau gagal. Untuk mengetahui hal ini, cek nilai kembalian fungsi main () . Jika nilai kembali adalah 0 maka itu berarti program tersebut berhasil jika tidak maka diasumsikan bahwa ada masalah.




Struktur fungsi utama: Function name diikuti oleh tipe return. Harus ada tanda kurung dekat setelah nama fungsi. Jika ada parameter atau argumen maka harus berada dalam kurung ini. Blok kode di dalam kawat gigi adalah badan fungsi.




Semoga Bermanfaat gan....... :)



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Struktur Program C"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel